Cara Menjadi Manusia Kreatif



Cara Menjadi Manusia Kreatif, Ini Kuncinya
Kreatifitas berhubungan dengan seni. Pekerjaan dibidang seni akan memberikan kesempatan setiap orang yang menggelutinya dalam mengasah kreatifitas. Namun kreatifitas tidak hanya dalam bidang seni saja, dibidang apapun jika Anda memiliki kemampuan ini maka Anda akan dianggap sukses mengahasilkan sebuah karya. Baik dibidang teknologi, ilmu pengethuan, penciptaan alat tepat guna atau bisnis.
Meskipun Anda bukan seniman ternyata Anda juga bisa menjadi orang yang kreatif. Apa kuncinya?? Simak empat hal yang menjadi kuncinya tersebut :

Pikiran bebas dan tidak terbatas
Seringkali ketika kita meghadapi sesuatu baik pekerjaan, masalah atau persoalan apapun kita dibatasi oleh kelemahan, pendapat dan aturan dilingkungan kita. Hal ini yang akan membelenggu pikiran kita untuk menciptakan ide-ide kreatif. Mulailah percaya dengan kemampuan diri, jangan jadikan pendapat orang lain itu sebagai beban.

Berani beda, siapa takut . . . .
 Seringkali karena sudah berada di zona nyaman dan takut mengambil resiko menghambat munculnya ide kreatif. Menurut teori de Bono, seseorang tidak menggunakan cara yang sama ketika menggali lubang yang berbeda”. Cobalah untuk menemukan hal diluar zona nyaman kita yakni hal baru yang membuat Anda tertantang dan masih dalam lingkup pemikiran Anda. Berada dalam tantangan itu berani mengambil resiko dan akan merangsang otak untuk memunculkan ide yang kreatif. Jika hal ini Anda lakukan, sangat pasti Anda akan puas dengan pencapaian itu.
 
Bersenang-senang
 Karena sibuk dengan rutinitas dan pekerjaan, kita kehilangan waktu untuk menghabiskan waktu luang sekedar memanjakan diri. Memanjakan diri itu perlu untuk mengembalikan focus pada pikiran kita. Berbagai kegiatan baru yang menyenangkan perlua Anda lakukan. Biasanya dalam kondisi seperti ini Anda merasa bahagia dan bersemangat sehingga tak sadar ide-ide kreatif akan muncul.
 
Hilangkan beban
 Terbebani pada suatu persoalan akan membuat pikiran selalu penuh. Cobalah sesekali kosongkan pikiran dari segala beban tersebut. Mengosongkan pikiran bisa dengancara meditasi dengan duduk diam dan mengilah nafas, lepaskan diri dari segala yang terhubung seperti laptop, ponsel, dan akses komunikasi lainnya. Dalam kondisi ini tak dapat dipungkiri kita bisa memikirkan ide-ide yang kreatif lebih lancer dari biasanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menjadi Manusia Kreatif"

Posting Komentar