CARA KERJA KAPAL SELAM



               CARA KERJA KAPAL SELAM
Keinginan manusia menjelajah dasar laut udah ada sejak dulu sejak zaman Kaisar ALexsander Agung dari Romawi, ratusan tahun sebelum Masehi.

Cara Kerja
Cara kerja kapal selam berbeda dengan kapal laut biasa. Untuk membuat kapal selam, kita harus merhatiin beberapa rumus dan prinsip Archimedes. Rumusnya adalah setiap benda yang bisa menyelam dan mengapung kalua berat air sama dengan berat benda tersebut(kapal). Sehingga terjadi antigravitasi. Gravitasi berarti benda jatuh ke dasark jadi kalua antigravitasi benda itu tidak jatuh.
Bentuk kapal selam harus silinder, membulat didepan dan belakang. Punya dua lambung; dalam dan luar. Lambung dalam untuk melindungi kru kapal dari tekenan air di kedalaman laut dan untuk menjaga temperature.
Beratnya harus selalu seimbang, tidak terlalu berat atau terlalu ringan. Ada tangka penjaga keseimbangan (trim tank) dan tangka pemberat (ballast tangka), kedua tangka ini harus tetap terjaga agar kapal selau seimbang. Makanya, dikapal selam ada krus khusus yang terus bekerja untuk tangka-tangki ini. Letak tangka ada dua bagian, satu dibagian tengah kedepan, dan satu dibagian tengah kebelakang. Selain itu  juga ada  tangki udara dibagian atas kapal.
Ketika berada didalam air, kapal selam punya dua pengendali, yaitu untuk arah memutar dan belok, serta untuk menyelam (diving).  Kapal selam juga harus punya Menara untuk radio dan periskop berfungsi untuk mengintip apa yang sedang terjadi dipermukaan.
Jika kapal selam ingin kepermukaan para kru cukup mengontrol pengeluaran udara ketangki pemberat. Kalau udah tampil di permukaan, tekanan udara akan dikurangi.

Sejarah Kapal Selam
                Ide manusia bikin kapal selam emang udah ada sejak Zaman Romawi, tapi baru ribuan tahun kemudian terwujud. Tepatnya pada tahun 1578, ketika seorang pejabat angkatan laut Inggris, William Boume, bikin kerangka kapal selam dari kayu. Lucunya ketika itu dia bikinnya memakai dayung. Pada tahun 1904, Perancis nyiptain Aigrette, kapal selam pertama yang memakai tenaga diesel ketika berada ditas laut, dan tenaga listrik didalam laut. Banyak orang yang terlibat dalam pembuatan kapal selam seperti yang kita kenal sekarang. Diantaranya adalah Cornelius J. Drebble (Belanda) dan Auguste Picard. Kini kapal selam sudah canggih banget


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA KERJA KAPAL SELAM"

Posting Komentar