RPP Biologi
SMA: Pengaruh Cahaya terhadap Tumbuhan
===============================================================
Sekolah : MAN
2 KANDANGAN
Kelas/Semester : XII/2
Mata Pelajaran : Biologi
Jumlah Pertemuaan : 1 x Pertemuaan ( 2 x 45 Menit )
I. Standar Kompetensi
2. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
II. Kompetensi Dasar
2.3 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
III.
Indikator
Kognitif:
a.
Produk
Pertemuaan 1 :
1. Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
2. Menjelaskan faktor-faktor luar yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
3. Membuktikan pengaruh cahaya terhadap
perkecambahan melalui percobaan
b.
Proses
Pertemuaan 1 :
1.
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaaruhi
pertumbuhan dan perkembangan
2.
Menyelidiki pengaruh pengaruh cahaya terhadap
perkecambahan.
3.
Membuat laporan
hasil pengamatan tentang pengaruh cahaya terhadap tumbuhan
Psikomotor
Pertemuaan 1 :
1.
Mengukur panjang kecambah karena pengaruh cahaya.
Afektif:
a. Karakter
Menunjukan
perilaku berkarakter, meliputi Teliti, dan bekerja sama
b. Keterampilan Sosial
Menunjukkan
kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, komunikasi
IV. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
a.
Produk
Pertemuaan 1 :
- Diberikan tes tanpa membuka buku siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sesuai kunci pada LP 1
- Diberikan tes tanpa membuka buku siswa mampu menjelaskan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman sesuai dengan kunci pada LP 1
b.
Proses
Pertemuaan 1 :
1. Diberikan
alat dan bahan sesuai LKS 1 SMA siswa mampu mengidentifikasi factor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
2. Diberikan
alat dan bahan sesuai LKS 1 SMA, siswa dapat merancang dan melakukan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh cahaya terhadap
perkecambahan (Rumusan masalah,
hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel control, definisi
operasional varaibel manipulasi, definisi operasional variabel
respon,melaksanakan eksperimen, tabel pengamatan, analisis, kesimpulan).
Psikomotor
Pertemuaan 1 :
1.
Diberikan
media tanam, siswa manpu
mengukur pertumbuhan panjang kecambah
sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
Afektif
a. Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa
terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter,
meliputi: Teliti, dan bekerja sama sesuai dengan lembar
pengamatan perilaku berkarakter.
b. Keterampilan
sosial:
Selama proses pembelajaran siswa
terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya,
komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
V. Materi
Ajar
1. Pertumbuhan dan Perkembangan
Tumbuhan
Materi pembelajaran secara rinci terlampir
VI. Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
VII. Metode
Pembelajaran:
1. Model: Pembelajaran inkuiri terbimbing
2. Metode: diskusi dan tanya jawab
VIII. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Untuk Tujuan Pembelajaran No: 1, 2, dan tujuan afektif
Pembukaan (+ 5 menit)
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Guru membuka salam dan mengecek kehadiran siswa. Guru menerangkan garis
besar materi Semester Genap. Guru menjelaskan tujuan. Guru memberikan
motivasi pada siswa dengan memulai diskusi dengan menanyakan kepada siswa
”Pernahkah kamu memperhatikan tinggi badanmu?” ”Coba kamu bandingkan tinggi
badanmu sewaktu di SMP dengan sekarang.” ”Bagaimana proses pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya?”
Diharapkan selama diskusi dan tanyajawab tersebut siswa menyumbang ide atau pendapat,
sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman,
serta tidak mencela pendapat dengan kasar.
Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan
pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan
afektif (Fase 1 Model Pembelajaran Inkuiri : menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa untuk mengarahkan siswa pada perumusan masalah)
|
Inti (+ 60 menit)
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Dengan tanya
jawab dan diskusi menggunakan gambar-gambar (Slide 1, Media Macro Flash 1, 2) memfasilitasi siswa dalam menentukan factor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Selanjutnya, menyajikan informasi
berupa rumusan masalah dengan mengacu
pada LKS 1 tentang pengaruh cahaya
terhadap perkecambahan (Fase
1 Model Pembelajaran Inkuiri : Penyampaian Informasi rumusan masalah)
|
||||
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok, setiap kelompok
terdiri dari 4 – 5 siswa.
Selanjutnya membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu
teman yang membutuhkan dengan
menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS (Fase 2 Model Pembelajaran Inkuiri : Pengumpulan dan verifikasi data)
|
||||
Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas
rumusan masalah yang telah diberikan di LKS 1 dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila belum dapat merumuskan
hipotesis dan meminta siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu
teman yang membutuhkan bantuan (Fase 3 Model Pembelajaran Inkuiri: Meminta
siswa merumuskan hipotesis untuk
menjelaskan masalah tersebut)
Membimbing kelompok
mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan
eksperimen sesuai prosedur yang tertulis di LKS 1 dan
membimbing siswa melakukan pengisian terhadap tabel pengamatan. Bila ada
siswa yang menunjukkan karakter tidak
peduli, tidak teliti atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab, tidak bekerja sama segera diingatkan (Fase 3 Model Pembelajaran
Inkuiri: Meminta siswa merumuskan hipotesis untuk menjelaskan masalah tersebut). Guru perlu menekankan perlunya ketelitian dan kejujuran dalam melakukan
pengamatan dengan mencatat
hasil pengamatan apa adanya di dalam tabel. Guru meminta siswa untuk bertanggung jawab terhadap
kebersihan tempat kerja yang harus tetap dijaga setelah bekerja dalam
kelompok.
|
||||
Satu-dua kelompok diminta mengisi Tabel 1 sebagai
upaya untuk mengorganisasikan data di
papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya
kepada kelas dengan melakukan yang terbaik dan
jujur dengan mengatakan apa adanya untuk
memberi kemudahan guru melakukan
pembimbingan dan melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa
lain untuk belajar menjadi
pendengar yang baik, menghargai ketika
terdapat perbedaan pendapat serta
belajar bertoleransi (Fase 4 : Mengorganisir data dan merumuskan
penjelasan).
|
||||
Membimbing kelompok
melakukan analisis dengan mengacu pada LKS 1. Ditekankan perlunya kerjasama, terbuka dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini (Fase
5 Model Pembelajaran Inkuiri : Menganalisis, memberi kesimpulan dibimbing
oleh guru).
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta
satu-dua kelompok mempresentasikan hasil analisisnya dan mengkomunikasikan
pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif
dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi
pendengar yang baik, menghargai ketika
terdapat perbedaan pendapat (Fase
5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis, memberi
kesimpulan dibimbing oleh guru).
Membimbing
kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS 1. Siswa perlu diingatkan
agar tetap mengutamakan toleransi
(keterbukaan) saat ada
perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan. (Fase 5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis,
memberi kesimpulan dibimbing oleh guru)
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta
satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain,
dan memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik
dan amat baik dalam kegiatan belajar
mengajar tersebut. (Fase
5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis, memberi kesimpulan
dibimbing oleh guru)
|
Penutup (+ 5 menit)
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
-
Membimbing siswa, merangkum tentang konsep factor yang memengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan bantuan Media Slide Power Point dan Media Macro Flash.
-
Membimbing siswa menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah siswa
|
Keterangan bagi pengamat
dalam menilai
1: tidak dilakukan sama
sekali (tidak baik)
2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik)
3: dilakukan sebagian sesuai
prosedur (cukup baik)
4: dilakukan sesuai
prosedur (baik)
X. Sumber
Belajar
1. Buku Siswa: Grand Star TIM Putra Kertonata
2. LKS 1: Pertumbuhan dan Perkembangan
Tumbuhan
3. Kunci LKS 1,
4. Tabel spesifik
5. LP 1: Produk, LP 2: proses, LP 3:
Psikomotor, LP 4:
Pengamatan Perilaku Berkarakter; LP
5: Pengamatan Keterampilan Sosial
6. Kunci LP 1, Kunci LP 2, Rincian Tugas Kinerja LP 3
7. Silabus
8. Media belajar interaktif berbentuk slide
Daftar
Pustaka
Faidah Rachmawati, dkk. 2009. BIOLOGI
Untuk SMA/MA Kelas XII Program IPA. Jakarta : Pusat perbukuan
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta.
Nama/Kelompok
_______________________ Kelas: _________ Tgl: ______________
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
|
Topik : Pengaruh Cahaya terhadap
Perkecambahan
Tujuan : Mengetahui
pengaruh cahaya terhadap perkecambahan.
Disediakan
alat dan bahan sebagai berikut:
1.
Dua buah gelas plastic bekas
2.
Kapas secukupnya
3.
Biji kacang hijau sebanyak 20 biji
4.
Air secukupnya
5.
Penggaris
|
1. Buatlah
rumusan masalah yang berkaitan dengan topic.
1)
2)
Dst
|
2.
a. Hipotesis
Hipotesis
adalah dugaan sementara yang dapat di uji melalui eksperimen, hipotesis
biasanya ditulis dalam bentuk pertanyaan.
Buatlah sebuah hipotesis dari rumusan
masalah dari yang Anda buat!
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
a. Variabel Eksperimen
Variabel adalah besaran yang dapat berubah harganya pada situasi tertentu.
Variabel ada beberapa macam, yaitu variabel manipulasi (variabel yang sengaja
diubah peneliti), variabel respon (variabel yang harganya berubah sebagai
akibat pemanipulasian variabel manipulasi), dan variabel kontrol (variabel yang
dapat mempengaruhi suatu hasil penelitian tetapi dijaga agar tidak memberi
pengaruh hasil penelitian).
Berdasarkan hipotesis yang kamu buat, identifikasi
variabel dan definisi operasional variabel yang diperlukan.
Variabel Manipulasi (Apa yang kamu ubah)
----------------------------------------------------------------------------------------------
Definisi Operasional Variabel Manipulasi (Bagaimana kamu mengubahnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel Respon (Apakah yang kamu
amati atau ukur):
----------------------------------------------------------------------------------------------
Definisi operasional Variabel Respon (Bagaimana
kamu mengukurnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
Variabel Kontrol(Apa yang kamu jaga supaya kondisinya sama):
----------------------------------------------------------------------------------------------
Definisi Operasional variabel kontrol (Bagaimana cara kamu mengontrolnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
c. Prosedur Eksperimen
Prosedur eksperimen adalah kegiatan terinci yang direncanakan untuk
menghasilkan data yang diinginkan.
Lakukan eksperimen berdasarkan
prosedur di bawah ini
Gambar 1.1 Percobaan arah tumbuh tanaman
Kegiatan :
1.
Berilah label gelas plastic (misalnya A dan B)
2.
Letakkan kapas pada gelas plastic A dan B, kemudian
basahi dengan air secukupnya samai merata.
3.
Rendamlah 20 biji kacang hijau selama kurang lebih 2
jam. Kemudian masukkan 10 biji kacang hijau ke dalam gelas plastic A dan 10
biji ke dalam gelas plastic B.
4.
Letakkan gelas plastic A di tempat yang terkena cahaya
matahari dan gelas lastik B di tempat gelap. Agar kelembaan tetap terjaga, beri
air secukupnya setiap hari.
5.
Amati dengan cermat setiap hari, bagaimana kondisi
kecambah dan ukurlah panjang kecambah di kedua gelas plastic tersebut. Kemudain
catat hasilnya ke dalam Tabel 1.1 setelah 5 hari berkecambah. Bandingkan
panjang kecambah,warna dan ketegaran kecambah pada kedua gelas plastic.
6.
Buatlah kesimpulan tentang perbedaan panjang dan
kondisi kecambah karena pengaruh cahaya terhadap perkecambahan.
7.
Diskusikan hasil kelompokmu dengan kelompok lain.
d.Tabel Hasil Pengamatan
Data
adalah segala informasi yang diperoleh dari kegiatan eksperimen, dapat berupa
data kuantitatif maupun data kualitatif.
Tabel
1.1 Pengamatan Kecambah
Hari
ke-
|
Panjang
Kecambah (cm)
|
Kondisi
Kecambah
|
||
A
|
B
|
A
|
B
|
|
1
2
3
4
5
|
2. Analisis
Data
Analisa
data adalah menjelaskan atau mengartikan data yang diperoleh sebagai hasil dari
eksperimen.
Lakukan analisa berdasarkan data yang telah kamu
peroleh
- Apakah yang terjadi pada tanaman kecambah bila tidak ada cahaya ?
----------------------------------------------------------------------------------------------
b. Faktor apakah yang mempengaruhi
pertumbuhan perkecambahan ?
----------------------------------------------------------------------------------------------
3. Kesimpulan Sementara
Kesimpulan
adalah peryataan yang mengikhtisarkan apa yang telah dipelajari dari suatu
eksperimen atau pengamatan.
Kesimpulan Umum
Perkecambahan jika tidak ada cahaya dapat menimbulkan...............
|
Daftar
Pustaka
Budi Purwanto & Arianto Nugroho, 2008. Ekplorasi Ilmu Alam 2. PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri: Solo
Rohana Kusumawati & Emi Sulami, 2011. Ipa Terpadu Kelas VIII. PT Intan
Pariwara: Klaten
Siyamto Budi, S.Pd, 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Tim Putra Keraton: Solo
Siyamto Budi,
S.Pd, 2002. Biology, the Dynamics
of Life. Glencoe McGraw-Hill: New York.
Jones, M., Fosbery, R., Taylor, D., Gregory, J. et al. 2007. Biology As-A Level. Cambridge: Cambridge University Press, pp. 53-63.
Johnson, D.
W. & Johnson, R. T. 2002.
Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative
Process. Boston: Allyn & Bacon.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta.
s
Belum ada tanggapan untuk "CONTOH RPP BIOLOGI SMA"
Posting Komentar