CONTOH RPP BIOLOGI SMA



RPP Biologi SMA: Pengaruh Cahaya terhadap Tumbuhan
===============================================================
Sekolah                                 : MAN 2 KANDANGAN
Kelas/Semester                   : XII/2
Mata Pelajaran                  : Biologi
Jumlah Pertemuaan      : 1 x Pertemuaan ( 2 x 45 Menit )

I. Standar Kompetensi
2. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

II. Kompetensi Dasar
2.3 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

III. Indikator
Kognitif:
a.      Produk
Pertemuaan 1 :
1.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
2.      Menjelaskan faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
3.      Membuktikan pengaruh cahaya terhadap perkecambahan melalui percobaan


b.      Proses
Pertemuaan 1 :
1.    Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaaruhi pertumbuhan dan perkembangan
2.    Menyelidiki pengaruh pengaruh cahaya terhadap perkecambahan.
3.    Membuat  laporan hasil pengamatan tentang pengaruh cahaya terhadap tumbuhan


Psikomotor
Pertemuaan 1 :
1.      Mengukur panjang kecambah karena pengaruh cahaya.


Afektif:
a. Karakter
Menunjukan perilaku berkarakter, meliputi Teliti, dan bekerja sama

b. Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, komunikasi



IV. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.         Produk
Pertemuaan 1 :

  1. Diberikan tes tanpa membuka buku siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sesuai kunci pada LP 1

  1. Diberikan tes tanpa membuka buku siswa mampu menjelaskan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman sesuai dengan kunci pada LP 1

b.        Proses
Pertemuaan 1 :
1.      Diberikan alat dan bahan sesuai LKS 1 SMA siswa mampu mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.  

2.      Diberikan alat dan bahan sesuai LKS 1 SMA, siswa dapat merancang dan melakukan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh cahaya terhadap perkecambahan (Rumusan masalah, hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel control, definisi operasional varaibel manipulasi, definisi operasional variabel respon,melaksanakan eksperimen, tabel pengamatan, analisis, kesimpulan).

Psikomotor
Pertemuaan 1 :
1.    Diberikan media tanam, siswa manpu mengukur pertumbuhan panjang kecambah sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.


Afektif
a. Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: Teliti, dan bekerja sama sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter.

b. Keterampilan sosial:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya, komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.







V. Materi Ajar
1. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Materi pembelajaran secara rinci terlampir

VI. Alokasi Waktu: 2 x 45 menit

VII. Metode Pembelajaran:
1. Model: Pembelajaran inkuiri terbimbing
2. Metode: diskusi dan tanya jawab

VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Untuk Tujuan Pembelajaran No: 1, 2, dan tujuan afektif

Pembukaan (+ 5 menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Guru membuka salam dan mengecek kehadiran siswa. Guru menerangkan garis besar materi Semester Genap. Guru menjelaskan tujuan. Guru memberikan motivasi pada siswa dengan memulai diskusi dengan menanyakan kepada siswa ”Pernahkah kamu memperhatikan tinggi badanmu?” ”Coba kamu bandingkan tinggi badanmu sewaktu di SMP dengan sekarang.” ”Bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya?” Diharapkan selama diskusi dan tanyajawab tersebut siswa menyumbang ide atau pendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela pendapat dengan kasar.

Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan afektif  (Fase 1 Model Pembelajaran Inkuiri : menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa untuk mengarahkan siswa pada perumusan masalah)












Inti (+ 60 menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar-gambar (Slide 1, Media Macro Flash 1, 2) memfasilitasi siswa dalam menentukan factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Selanjutnya, menyajikan informasi berupa rumusan masalah dengan mengacu pada LKS 1 tentang pengaruh cahaya terhadap perkecambahan (Fase 1 Model Pembelajaran Inkuiri : Penyampaian Informasi rumusan masalah)





Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa. Selanjutnya membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS,  guru membimbing siswa untuk peduli  dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS (Fase 2 Model Pembelajaran Inkuiri : Pengumpulan dan verifikasi data)





Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS 1 dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa  adanya bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 3 Model Pembelajaran Inkuiri: Meminta siswa merumuskan hipotesis  untuk menjelaskan masalah tersebut)
Membimbing kelompok mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan eksperimen sesuai prosedur yang tertulis di LKS 1 dan membimbing siswa melakukan pengisian terhadap tabel pengamatan. Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli, tidak teliti  atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab, tidak bekerja sama segera diingatkan (Fase 3 Model Pembelajaran Inkuiri: Meminta siswa merumuskan hipotesis  untuk menjelaskan masalah tersebut). Guru perlu menekankan perlunya ketelitian dan kejujuran  dalam melakukan pengamatan dengan mencatat hasil pengamatan apa adanya di dalam tabel. Guru meminta siswa untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan tempat kerja yang harus tetap dijaga setelah bekerja dalam kelompok.






Satu-dua kelompok diminta mengisi Tabel 1 sebagai upaya untuk mengorganisasikan data di papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas dengan melakukan yang terbaik dan jujur dengan mengatakan apa adanya untuk memberi  kemudahan guru melakukan pembimbingan dan melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik, menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat serta belajar bertoleransi  (Fase 4 : Mengorganisir data dan merumuskan penjelasan).





Membimbing kelompok  melakukan analisis dengan mengacu pada LKS 1. Ditekankan perlunya kerjasama, terbuka dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini (Fase 5 Model Pembelajaran Inkuiri : Menganalisis, memberi kesimpulan dibimbing oleh guru).

Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan hasil analisisnya dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi  kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik, menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat  (Fase  5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis, memberi kesimpulan dibimbing oleh guru).

Membimbing  kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS 1. Siswa perlu diingatkan agar tetap mengutamakan toleransi (keterbukaan) saat ada perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan. (Fase  5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis, memberi kesimpulan dibimbing oleh guru)

Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain, dan memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase  5 Model Pembelajaran Inkuiri: Menganalisis, memberi kesimpulan dibimbing oleh guru) 





Penutup (+ 5 menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
-      Membimbing siswa, merangkum tentang konsep factor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan bantuan Media Slide Power Point dan Media Macro Flash.
-      Membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah siswa




Keterangan bagi pengamat dalam menilai
1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik)
2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik)
3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik)
4: dilakukan sesuai prosedur (baik)


X. Sumber Belajar
1.    Buku Siswa: Grand Star TIM Putra Kertonata
2.    LKS 1: Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
3.    Kunci LKS 1,
4.    Tabel spesifik
5.    LP 1: Produk, LP 2: proses, LP 3: Psikomotor, LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter; LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
6.    Kunci LP 1, Kunci LP 2, Rincian Tugas Kinerja LP 3
7.   Silabus
8.      Media belajar interaktif  berbentuk slide



Daftar Pustaka
Faidah Rachmawati, dkk. 2009. BIOLOGI Untuk SMA/MA Kelas XII Program IPA. Jakarta : Pusat perbukuan

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta.


















Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: ______________
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
                      

Topik   : Pengaruh Cahaya terhadap Perkecambahan
Tujuan   : Mengetahui pengaruh cahaya terhadap perkecambahan.
Disediakan alat dan bahan sebagai berikut:

1.      Dua buah gelas plastic bekas
2.      Kapas secukupnya
3.      Biji kacang hijau sebanyak 20 biji
4.      Air secukupnya
5.      Penggaris



1.    Buatlah rumusan masalah yang berkaitan dengan topic.
1)
2)
Dst

2.  a. Hipotesis
Hipotesis adalah dugaan sementara yang dapat di uji melalui eksperimen, hipotesis biasanya ditulis dalam bentuk pertanyaan.

Buatlah sebuah hipotesis dari rumusan masalah dari yang Anda buat!
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------

a.       Variabel Eksperimen
Variabel adalah besaran yang dapat berubah harganya pada situasi tertentu. Variabel ada beberapa macam, yaitu variabel manipulasi (variabel yang sengaja diubah peneliti), variabel respon (variabel yang harganya berubah sebagai akibat pemanipulasian variabel manipulasi), dan variabel kontrol (variabel yang dapat mempengaruhi suatu hasil penelitian tetapi dijaga agar tidak memberi pengaruh hasil penelitian).

Berdasarkan hipotesis yang kamu buat, identifikasi variabel dan definisi operasional variabel yang diperlukan.
Variabel Manipulasi (Apa yang kamu ubah)
----------------------------------------------------------------------------------------------

Definisi Operasional Variabel Manipulasi (Bagaimana kamu mengubahnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------

Variabel Respon (Apakah yang kamu amati atau ukur):
----------------------------------------------------------------------------------------------

Definisi operasional Variabel Respon (Bagaimana kamu mengukurnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------

Variabel Kontrol(Apa yang kamu jaga supaya kondisinya sama):
----------------------------------------------------------------------------------------------

Definisi Operasional variabel kontrol (Bagaimana cara kamu mengontrolnya):
----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------

c. Prosedur Eksperimen
Prosedur eksperimen adalah kegiatan terinci yang direncanakan untuk menghasilkan data yang diinginkan.

Lakukan eksperimen berdasarkan prosedur di bawah ini









Gambar 1.1 Percobaan arah tumbuh tanaman

Kegiatan :
1.            Berilah label gelas plastic (misalnya A dan B)
2.            Letakkan kapas pada gelas plastic A dan B, kemudian basahi dengan air secukupnya samai merata.
3.            Rendamlah 20 biji kacang hijau selama kurang lebih 2 jam. Kemudian masukkan 10 biji kacang hijau ke dalam gelas plastic A dan 10 biji ke dalam gelas plastic B.
4.            Letakkan gelas plastic A di tempat yang terkena cahaya matahari dan gelas lastik B di tempat gelap. Agar kelembaan tetap terjaga, beri air secukupnya setiap hari.
5.            Amati dengan cermat setiap hari, bagaimana kondisi kecambah dan ukurlah panjang kecambah di kedua gelas plastic tersebut. Kemudain catat hasilnya ke dalam Tabel 1.1 setelah 5 hari berkecambah. Bandingkan panjang kecambah,warna dan ketegaran kecambah pada kedua gelas plastic.
6.            Buatlah kesimpulan tentang perbedaan panjang dan kondisi kecambah karena pengaruh cahaya terhadap perkecambahan.
7.            Diskusikan hasil kelompokmu dengan kelompok lain.

d.Tabel Hasil Pengamatan
Data adalah segala informasi yang diperoleh dari kegiatan eksperimen, dapat berupa data kuantitatif maupun data kualitatif.

Tabel 1.1 Pengamatan Kecambah
Hari ke-
Panjang Kecambah (cm)
Kondisi Kecambah
A
B
A
B
1
2
3
4
5






2.    Analisis Data
Analisa data adalah menjelaskan atau mengartikan data yang diperoleh sebagai hasil dari eksperimen.

Lakukan analisa berdasarkan data yang telah kamu peroleh
  1. Apakah yang terjadi pada tanaman kecambah bila tidak ada cahaya ?
----------------------------------------------------------------------------------------------

b.   Faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan perkecambahan ?
----------------------------------------------------------------------------------------------

3.    Kesimpulan Sementara
Kesimpulan adalah peryataan yang mengikhtisarkan apa yang telah dipelajari dari suatu eksperimen atau pengamatan.

Kesimpulan Umum
Perkecambahan jika tidak ada cahaya dapat menimbulkan...............









Daftar Pustaka
Budi Purwanto & Arianto Nugroho, 2008. Ekplorasi Ilmu Alam 2. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo

Rohana Kusumawati & Emi Sulami, 2011. Ipa Terpadu Kelas VIII. PT Intan Pariwara: Klaten

Siyamto Budi, S.Pd, 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Tim Putra Keraton: Solo

Siyamto Budi, S.Pd, 2002. Biology, the Dynamics of Life. Glencoe McGraw-Hill: New York.

Jones, M., Fosbery, R., Taylor, D., Gregory, J. et al. 2007. Biology As-A Level. Cambridge: Cambridge University Press, pp. 53-63.

Johnson, D. W. & Johnson, R. T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta.

s

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CONTOH RPP BIOLOGI SMA"

Posting Komentar