1.       

ABSTRAK

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat/individu tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Canser adalah sebuah produk teknologi tepat guna yang memanfaatkan bahan-bahan alami dengan proses yang sederhana. Canser mempunyai banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan masih bisa dikembangkan lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.                        

PENDAHULUAN

 

2.1.  Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan sistem usaha pembangunan masyarakat supaya lebih produktif dan efisien, diperlukan teknologi. Pengenalan teknologi yang telah berkembang di dalam masyarakat adalah teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional, atau yang dikenal dengan "teknologi tepat guna" atau teknologi sederhana dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat tertentu.

Pertumbuhan dan perkembangan teknologi, ditentukan oleh kondisi dan tingkat isolasi dan keterbukaan masyarakat serta tingkat pertumbuhan kehidupan sosial ekonomi masyarakat tersebut.Untuk memperkenalkan teknologi tepat guna perlu disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan yang berorientasi kepada keadaan lingkungan geografis atau propesi kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Teknologi yang demikian itu merupakan barang baru bagi masyarakat dan perlu dimanfaatkan dan diketahui oleh masyarakat tentang nilai dan kegunaannya. Teknologi tersebut merupakan faktor ekstern dan diperkenalkan dengan maksud agar masyarakatyang bersangkutan dapat merubah kebiasaan tradisional dalam proses pembangunan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat.

2.2.Tujuan dan Sasaran

Tujuan Canser adalah membuat teknologi tepat guna yang bermanfaat untuk orang banyak dan mengembangkan potensi dari bahan-bahan alami yang kita dapati sehari-hari. Sasarannya adalah menjadikan sebuah teknologi yang mempunyai mutu terbaik untuk masyakarat dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi yang mampu bersaing dengan produk-produk ternama yang terbuat dari bahan kimia.

2.3.Rumusan Masalah

1.    Bagiamana Pendahuluan TTG?

2.    Bagaimana Metodologi/Prosedur Pembuatan Inovasi TTG?

3.    Bagaimana Hasil dan Pembahasan TTG?

4.    Bagaimana Kesimpulan dan Sarannya?

2.4.Ruang Lingkup Inovasi TTG

1.    Mengetahui Bagiamana Pendahuluan TTG.

2.    Mengetahui Bagaimana Metodologi/Prosedur Pembuatan Inovasi TTG.

3.    Mengetahui Bagaimana Hasil dan Pembahasan TTG.

4.    Mengetahui Bagaimana Kesimpulan dan Sarannya.

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.       

METODOLOGI/PROSEDUR PEMBUATAN INOVASI TTG

a.    Desain dan Prosedur Pembuatan TTG

Canser adalah cairan serba guna yang bisa diaplikaskan dengan berbagai benda dan produk-produk yang lain. Cairan ini sangat fleksibel dan memungkingkan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain, karna memang bahan-bahannya sangat aman.

Adapaun prosedur pembuatan TTG adalah dengan cara dimasak dengan menggunakan air dan bahan-bahan alami, yang akan ditampilkan dibagian hasil dan pembahasan.

Gambar. 3.1. Penilaian sekaligus uji coba Canser

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Kerangka Berpikir/Sistematika

Ada beberapa fungsi TTG yang saya jadikan patokan untuk membuat Canser ini, diantara adalah:

Alat Kesehatan

 


                                                        Dapat dimanfaatkan untuk masyarakat

 

Ekonomi

 


Biaya yang digunakan rendah dan mudah didapatkan

Produksi

 


Teknik yang sederhana dan mampu                           diproduksi

.       Menghasilkan sebuah inovasi dan teknologi tepat guna

Dari beberapa poin diatas menjadi dasar saya untuk membuat suatu teknologi yang berfungsi sebagai alat kesehatan masyarakat, mempunyai nilai ekonomis, bahan-bahan yang mudah didapatkan, dan cara pembuatan yang sederhana, serta bisa diproduksi.

c.    Teknik dan Sumber Pengumpulan Data Terkait TTG

Teknik yang saya gunakan dalam membuat Canser adalah Herbal Mixing, yaitu teknik mencampur bahan-bahan alami seperti daun-daunan untuk membuat sebuah produk yang mempunyai nilai tepat guna.

Sumber pengambilan data yang saya lakukan adalah awalnya dengan berpikir sendiri, entah kenapa terpikir oleh saya sendiri, tidak ada riset dari Google maupun media sosial. Karna terpikir membuat cairan dari bahan-bahan alami, akhirnya saya melakukan berbagai hipotesis yang akhirnya mengantarkan mengikuti lombat TTG tingkat Kabupaten. Sumber-sumber data terkait yang saya gunakan untuk menyempurnkan Canser adalah dari Google.

 

 

4.       

HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1.Performa Produk TTG

a.    Deskripsi Alat/Metode TTG

Bahan-bahan dalam pembuatan Canser antara lain:

1.    Sereh

2.    Daun Pandan

3.    Daun Salam

4.    Kayu Manis

5.    Cengkeh

6.    Air.

Alat-alat yang digunakan antara lain:

1.    Panci/Presto

2.    Kompor

3.    Blender

4.    Pisau/Cutter

5.    Saringan

6.    Botol/Tangki (untuk memasukan Cairannya).

b.      Cara Pembuatan alat/Metode TTG

Langkah-langkah pembuatan Canser cukup mudah, antara lain:

1.    Siapkan dulu bahan dan alatnya

2.    Potong serai, daun pandan, dan daun salam menjadi potongan kecil (agar memudahkan dalam proses pemblenderan)

3.    Blender ketiga bahan yang sudah dipotong menjadi kecil-kecil sampai hancur, jangan lupa beri air sedikit

4.    Hidupakan kompor dengan api sedang, taruh panci/prestonya ke kompor

5.    Masukan air terlebih dahulu

6.    Masukan bahan-bahan yang sudah diblender tadi

7.    Masukan kayu manis dan cengkeh

8.    Tutup panci/presto agar uapnya tetap stabil tunggu selama 15 menit

9.    Setelah 15 menit buka tutup panci/prsetonya dan aduk secara perlahan selama 1 menit

10.                        Tutup kembali panci/prestonya selama 15 menit

11.                        Matikan kompor dan buka tutupnya, diamkan sampai dingin kira-kira 15 menit

12.                        Masukan cairan kedalam botol atau tangki yang sudah disiapkan sebelumnya

13.                        Canser siap digunakan.

14.                        https://www.youtube.com/watch?v=OWU2hoztspo (proses pembuatan bisa dilihat di channel youtube Kaka Dani)

c.    Kelengkapan : Tabel, Gambar Teknis

 

Gambar. 4.1.1 Bahan-bahan pembuatan Canser

Gambar. 4.1.2 alat-alat pembuatan Canser(hanya ilustrasi)

Gambar. 4.1.3 Bahan yang sudah diblender(kanan), bahan yang sudah dimasak (kiri)

Gambar. 4.1.4 Canser yang sudah dalam kemasan

Gambar. 4.1.5 Uji coba dihutan

Gambar. 4.1.6 Desain Stiker Canser

 

d.   Cara Penggunaan Alat/Metode

Ada beberapa cara dalam menggunakan Canser, diantara lain sebagai berikut:

1.    Menggunakan Spray

2.    Menggunakan Pel

3.    Menggunakan Obat Nyamuk Liquid dengan listrik

4.    Secara langsung

e.    Kecermatan Hasil Penyajian

Banyak hal yang masih bisa dikembangkan dengan Canser, salah satunya dengan mengkombinasikan dengan produk kimia, contohnya dengan mencampurkan Canser dengan salah satu produk pembersih lantai. Campurkan 1 banding 1, lalu tuangkan kelantai dan siap di pel untuk menjadikan lantai bersih dan antikuman.

Tentu saja tingkat kecermatan hasil penyajian tergolong tinggi, karna memang sangat mudah diaplikasikan, bisa dicampur dengan produk lain, dan mempunyai khasiat yang sangat bagus serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Saya optimis dengan hasil temuan ini, karna memang terbukti dengan memenangkan juara 1 lomba TTG Tingkat Kabupaten.

4.2.  Analsis Inovasi TTG

a.    Penjelasan dalam Penyajian Alat/Metode

Beberapa penjelasan mengenai penyajian alat/metode, antara lain:

1.    Menggunakan spray(alat semprot), Canser dimasukan kedalam spray dan semprotkan ketempat-tempat yang diingakn. Contohnya seperti ke kamar atau suatu ruangan, alangkah lebih baik tutup dulu ruangan agar cairan yang disemprotkan bisa bekerja dengan baik.

2.    Menggunakan pel, Canser masukan dulu kedalam botol atau bisa dicampur dengan cairan pembersih lantai, lalu tuangkan ke lantai yang kotor atau lantai yang ingin dibersihkan. Lalu bersihkan lantai dengan pel.

3.    Menggunakan obat nyamuk liquid, Canser masukan kedalam alat obat nyamuk liquid yang menggunakan listrik, buka dulu tutupnya dan masukan cairannya 1 banding 1, dan colokan kelistrik.

4.    Secara langsung, bisa langsung digunakan dengan cara sebagai obat kumur-kumur (walaupun tertelan pun tidak apa-apa), oleskan juga kebagian tubuh yang gatal InsyAllah bisa meredakan gatal-gatal, bisa juga tuangkan kekepala agar mengurangi ketombe (alangkah baiknya kombinasikan dengan shampo).

5.    Dan lain-lain, sebenarnya masih banyak potensi yang bisa dilakukan Canser, namun karna keterbatasan fasilitas dan materi sementara ini saja yang bisa dilakukan. Namun bagaimanapun juga saya sangat puas dengan hasilnya.

b.    Kedalaman/komprehensifitas suatu Inovasi TTG

Secara teknis TTG merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Oleh karena itu aspek-aspek sosio-kultural dan ekonomi juga merupakan dimensi yang harus diperhitungkan dalam mengelola TTG. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas Canser merupakan suatu inovasi yang cakupannya cukup luas dan lengkap, ada aspek kesehatan, aspek ekonomi, aspek teknologi, dan aspek kemasyarakatan. Oleh karna itu Canser merupakan sebuah teknologi tepat guna yang sangat baik digunakan maupun diproduksi.

c.    Logika Berpikir

Ada beberapa video dan foto-foto yang menunjukan bahwa memang Canser sudah teruji secara ilmiah, baik itu untuk pengusir nyamuk, pengharum ruangan dan lantai, serta sebagai obat lainnya. Hal ini menunjukan agar tak ada kekeliruan dalam menilai sebuah produk yang berkualitas, hal ini ditunjukan dengan memenangkan lomba TTG Tingkat Kabupaten HSS sebagai juara 1.

d.   Kandungan yang Terdapat pada Bahan TTG dan Manfaatnya

1)   Sereh, didalam sereh, terdapat kandungan bahan aktif bernama citronella dan geraniol. Serangga sangat tidak menyukai dua kandungan tersebut. Kebanyakan serangga mengandalkan penciuman ketika akan mencari mangsa atau menghampiri sesuatu. Nah, zat sitronela yang ada pada aroma sereh ini sangat dibenci oleh serangga. Dengan menghadirkan aroma ini, maka akan menghalau serangga untuk mendekat. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol, yang berfungsi untuk memperindah kulit dan menghilangkan jerawat.

2)   Daun pandan, Seperti halnya sereh, daun pandan juga memiliki kandungan bahan aktif seperti alkaloid, acetyl, pyrroline. Yang berfungsi sebagai pemberi rasa harum sehingga menyebabkan serangga tidak menyukai aroma daun pandan. Kandungan etanol didalam daun pandan juga sebagai detoktifikasi dan juga pereda stress.

3)   Daun salam, mempunyai kandungan seperti antioksidan yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan obat stress, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien sebagai mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker, asam laurat berfungsi sebagai pengusir serangga.

4)   Kayu manis, Walaupun manis, kayu manis sangat tidak disukai semut. Karna kandungan eugenol dan minyak asiri. Kandungan zat cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis misalnya, telah terbukti efektif dalam mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Efek antimikroba pada kayu manis juga dapat membantu mengurangi bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Kandungan antimikroba yang terdapat pada kayu manis juga untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme penyebab infeksi yang bisa ditemukan di mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan membran mukus.

5)   Cengkeh, mengandung eugenol, vitamin C, dan Vitamin K yang bagus untuk kesehatan kulit dan ampuh mengusir serangga. Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan. Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis).

Eugenol, vitamin C, K, minyak esensial

 


Citronela, Geraniol, dan Eugenol

 

alkaloid, acetyl, pyrroline,dan etanol

Antioksidan, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien

Cinnamaldehyde, eugenol, minyak asiri

 

 

 


4.3.  Kelayakan Teknis

a.    Keunggulan Teknologi

Ada beberapa keunggulan dari Canser, antara lain sebagai berikut:

1.    Mempunyai nilai ekonomis tinggi

2.    Bahan-bahan yang mudah didapatkan

3.    Sangat mudah digunakan

4.    Mudah diaplikasikan dengan berbagai alat dan produk lainnya

5.    Bahan-bahan yang murah dan terjangkau bagi semua kalangan

6.    Mudah diproduksi

7.    Tanpa pengawet dan bahan kimia (100% alami)

8.    Cairan pengusir serangga

9.    Pengharum pakaian

10.         Pengusir kutu rambut

11.         Pengharum ruangan

12.         Pembersih lantai

13.         Obat kumur-kumur

14.         Sebagai obat kulit

15.         Menghilanghkan ketombe

b.    Inovasi Baru

Saya yakin bahwa Canser adalah sebuah inovasi baru yang bukan hanya pertama di Kalimantan Selatan, melainkan di Indonesia. Karna memang belum pernah ada yang membuat cairan dari berbagai macam aneka bahan alami menjadi sebuah teknologi tepat guna.

Walaupun memang ada yang mirip, tetapi mungkin hanya sebagian kecil saja, kita contoh tayangan Dr. Oz yang dulu sempat ditayangkan disalah satu stasion TV Indonesia, membuat obat nyamuk dari bahan sereh. Namun bagaimanapun juga walaupun secara teori sedikit mirip, tetapi secara praktek dan pengembangannya berbeda jauh.

Inilah yang membuat saya yakin bahwa produk yang dihasilkan adalah suatu inovasi baru yang bermanfaat untuk orang banyak.

Gambar. 4.3.1 Piagam Penghargaan Juara 1 TTG Tingkat Kabupaten

c.    Orisinalitas

Untuk masalah keaslian, tentu saja Canser sangat orisinil/asli tanpa menjiplak, meniru, dan hal-lain yang dapat merusak suatu keaslian produk. Canser terpikir oleh saya sendiri dan akhirnya langsung dibuat dengan harapan agar menghasilkan suatu karya yang orisinil dan mempunyai hak paten sendiri.

Awal-awalnya justru saya menamai produk yang saya buat ini bernama Dani Liquid, tapi karna terlalu norak akhirnya saya putuskan untuk mengubah nama menjadi Canser (Cairan Serbaguna). Karna yang ada dikepala saya dulu adalah agar orang-orang tau bahwa produk ini adalah hasil karya saya sendiri yang teruji keasliannya.

d.      Ketersediaan Bahan Baku dan SDM

Untuk ketersediaan bahan baku tentu saja sangat mudah didapatkan, baik itu di kota maupun di desa. Karna memang bahan yang yang digunakan banyak orang yang menjual dan juga harga yang benar-benar murah. Dengan uang Rp. 12.000 pun sudah bisa mendapatkan bahan-bahan yang diinginkan. Bahan  yang mudah diolah dan bahannya pun bisa dibudidayakan. Untuk sumber daya manusia, saya rasa semua kalangan bisa membuat Canser ini, baik itu yang muda, tua, dan remaja.

e.       Manfaat atau Keuntungan yang diperoleh

Ada beberapa manfaat umum yang diperoleh dari produk ini, antara lain:

1.    Manfaat ekonomi, tentu saja kalau kita memproduksi Canser kita akan memperoleh penghasilan. Dengan modal yang sedikit serta bahan-bahan yang mudah didapatkan membuat kita semakin untung tentunya.

2.    Manfaat kesehatan, seperti yang saya jelaskan pada beberapa point diatas, manfaat kesehatan yang terkandung dalam Canser sangat luar biasa.

3.    Manfaat teknologi, bukan hal yang biasa lagi kalo Canser bukan hanya terbukti dari segi manfaat ekonom dan kesehatan. Canser juga mempunyai manfaat teknologi, khususnya teknolgi tepat guna, yang mana ini adalah sebuah inovasi baru dan penemuan terbaru yang ada di- Indonesia, tanpa meniru maupun plagiat produk lain.

4.    Manfaat sosial, masyarakat akan sangat menerima dampat positif apabila mampu mengolah dan memproduksi Canser, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain.

4.4.  Kelayakan Ekonomis

a.       Marketable

Sekarang kita sampai pada tahap produk yang dapat dipasarkan, tentu saja Canser adalah produk yang dapat dipasarkan. Selain harga penjualannya yang murah, bahan-bahannya pun alami. Bayangkan kita bisa membeli 300 gram sereh, 100 gram daun pandan, 50 gram daun salam, cengkeh dan kayu manis secukupnya(Rp. 2000), dengan total Rp. 12.000 untuk semua bahan diatas, kita bisa menghasilkan 4/5 liter Canser yang sudah jadi. Lalu kita bisa menjual Canser Rp. 20.000/Liternya. Kita sudah menghasilkan pendapatan Rp. 80.000 kotor, dikurangi Rp. 12.000, total bersihnya Rp. 68.000.

b.      Meningkatkan Pendapatan Masyakarat

Tentu saja produk ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat asal mau berusaha dan tidak menyerah, karna memang potensinya lumayan besar, dan juga sangat syarat akan teknlogi tepat guna. Yang saya yakini adalah kalau kita bersungguh-sungguh dengan bidan yang kita tekuni, InsyAllah kita akan sukses. Karna memang sesuatu besar dimulai dari hal kecil terlebih dahulu, usaha tak akan menghianati hasil.

c.       Mampu Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Saya adalah Perangkat Desa Amawang Kiri Muka Kecamatan  Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Saya kerja dibalai Desa dan lumayan memahami tentang pendaptan asli daerah. Beberapa waktu lalu, Desa kami mengikuti Lomba Asman Toga Se-Kabupaten, dan Alhamdulillah Juara 1. Canser saya pun tampil disana sebagai salah satu inovasi Desa turut serta dalam mendapatkan poin.

Tentu saja Canser kalo dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat akan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah. Dengan mendapatkan fasilitas dan uang yang cukup tentu saja hal ini akan mampu menjadi suatu ciri khas dareah setempat, bahwa setiap orang bisa menghasilkan suatu karya yang berguna. Jujur saya pun membuat Canser dengan modal Rp. 12.000 saja, dan akhirnya juara pertama lomba TTG tingkat Kabupaten.

 

 

 

 

 

 

 

5.       

KESIMPULAN DAN SARAN

a.    Logika Pengambilan Kesimpulan

Teknologi tepat guna adalah sebuah teknologi yang ditemukan atau diciptakan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan atau membuat pekerjaan manusia semakin mudah, cepat dan lancar. Hal ini kemudian bisa meningkatkan nilai ekonomi juga. Teknologi tersebut tidak hanya asal dibuat namun dibuat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan manusia. Adanya teknologi juga bisa dikatakan mampu meningkatkan perekonomian lebih banyak orang.

Canser adalah salah satu teknologi tepat guna dalam bidang usaha kecil dan kesehatan. Canser merupakan cairan serbaguna diantara manfaatnya adalah; sebagai antiserangga, pengharum pakaian dan ruangan, pembersih lantai, obat kumur-kumur, obat gatal, obat ketombe dsb. Canser juga bisa dikombinasikan dengan produk-produk lain, baik itu produk kimia maupun produk alami.

Produk ini mudah diaplikasikan dan dikembangkan serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dikota mamupun desa.

b.   Merujuk pada Hasil untuk Perbaikan Karya

Saya harap dengan dibuatnya makalah ini bisa mendekatkan pengetahuan akan salah satu teknologi tepat guna yang bernama Canser. Saya pribadi meminta maaf apabila terjadi banyak sekali kesalahan-kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Kritik dan saran sangat saya harapkan agar bisa membangun prestasi diri saya.

 

 

 

 

 

 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " "

Posting Komentar